Begini Kesan Pelajar Ikut Pelatihan Astra Honda Berbagi 2024

Wednesday, 19 June 2024

Tangerang, 19 Juni 2024 – PT Astra Honda  Motor (AHM) bersama PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer  sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, telah menggelar Astra Honda Berbagi Ilmu (AHBI) di tiga sekolah pada tahun ini. 

Seorang pelajar bernama Siti Aulia Zahra mengaku banyak mendapatkan ilmu setelah mengikuti AHBI 2024.

Gasi yang akrab disapa Siti merupakan seorang pelajar kelas X dari SMKN 3 Tangerang Selatan.

"Saya jadi banyak tahu komponen-komponen yang ada di motor listrik. Pokoknya, seru banget, senang juga saya dapat hadiah dari Astra Honda," ucap gadis yang akrab disapa Siti itu.

Hal senada juga diungkapkan teman satu sekolahnya bernama Haikal Ramadhan. Dirinya juga banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

"Saya dapat banyak belajar mengenai motor listrik, fitur yang ada di motor listrik, kode ban, kualitas ban yang layak dipakai, dan masih banyak lagi," ujar Haikal.

Haikal menambahkan, bahwa kegiatan tersebut dapat membantu teman-teman dalam mempelajari ilmu otomotif lebih jauh.

"Acara ini dapat membantu teman-teman mempelajari ilmu otomotif lebih dalam dan mendapatkan pahala jariyah kepada guru yang mengajarkan," tambah pelajar yang duduk di kelas X jurusan Teknik dan Bisnis  Sepeda Motor Motor itu.

Tak hanya di Tangerang, pelajar yang ada di Jakarta pun turut mendapatkan banyak pelajaran terutama tentang ilmu otomotif. Salah satunya adalah Aisyah Ainun Jamilah, seorang pelajar kelas X dari SMKN 34 Jakarta.

"Sangat menyenangkan dan mendapatkan ilmu. Tetap semangat!" cetusnya.

AHBI sendiri dilakukan untuk meningkatkan mutu  pendidikan vokasi di tanah air. AHBI kali ini merupakan kegiatan pertama di tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Vocational Department AHM bekerja sama dengan Vocational PT WMS serta Affiliated Company (Affco) AHM. 

Tema yang diangkat pada AHBI 2024 ialah ‘Jelajahi motor listrik Honda EM1 e: yang Trendy, Modern, dan Compact’.

Pemaparan AHBI sendiri berlangsung secara dua arah. Para instruktur PT AHM menjelaskan seluk-beluk motor listrik Honda, yakni EM1 e kepada para peserta yang berasal dari SMK binaan PT AHM. 

Kendati demikian, pembelajaran berlangsung dinamis, dan tidak monoton. Kemudian juga ditambah dengan materi paparan yang disampaikan secara teori dan praktik.

"AHBI digelar dengan pendekatan trend terkini, yakni motor listrik. Metode pengajaran juga disampaikan sesuai dengan karakteristik para pelajar masa kini, yakni fun, namun edukatif," ujar Head of Technical Service Department PT WMS Benedictus F. Maharanto

AHBI 2024 berlangsung selama periode April hingga Agustus mendatang. Untuk wilayah Jakarta-Tangerang, AHBI berlangsung di SMK Iptek Jakarta, SMKN 8 Kabupaten Tangerang, SMKN 34 Jakarta, SMKN 3 Tangerang Selatan, SMK Jaya Buana, dan SMK Taman Siswa 2 Jakarta.

AHBI 2024 juga mencerminkan Sinergi Bagi Negeri karena sejumlah perusahaan di industri otomotif juga turut mengisi materi kepada para peserta didik.